Penulis: Purwoko
Pemanfaatan teknologi komputer dan telekomunikasi semakin berkembang sejak diperkenalkannya internet. Berbagai inovasi produk software yang berbasis internet seperti e-mail, FTP, Telnet dan WWW memberikan berbagai kemudahan bagi penggunanya untuk memperolej informasi dari pihak lain melalui internet, tanpa mengenal hambatan ruang dan waktu. E-Commerce merupakan kegiatan bisnis yang memanfaatkan internet sebagai sarana utamanya. Internet dimanfaatkan untuk melakukan penawaran produk, melakukan transaksi jual beli, melakukan pembayaran dan sebagainya. Pada saat ini e-commerce telah mulai diminati banyak orang, dan diperkirakan akan booming. Kemudian dibahas beberapa tahun mendatang. Bagaimanakah kesiapan Indonesia dalam menyikapi peluang bisnis tersebut? yang ada di Indonesia pada saat ini. Dengan Paper ini membahas peringkat serta kondisi ideal yang diperlukan agar e-commerce dapat dilaksanakan dengan baik pula kondisi pendekatan analisis SWOT studi ini merumuskan strategi yang seyogyanya dilakukan olehPandangan dan pendapat yang dikemukakan dalam artikel ini adalah dari penulis dan tidak mencerminkan kebijakan resmi dari Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan, Republik Indonesia.
The views and opinions expressed in this article are those of the authors and do not necessarily reflect the official policy from Fiscal Policy Agency, Ministry of Finance, Republic of Indonesia.